Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terdeteksi/Terbaca di HP Android

Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terdeteksi/Terbaca di HP Android - Untuk memperbaiki memori card yang tidak bisa terdeteksi pada Android bisa diblang gampang, dan  bisa juga dibilang susah, semua itu tergantung pada penyebab yang menjadikan memori card seperti itu, penyebab yang pernah saya ketahui seperti sering transfer data tanpa eject, jarang dipakai, kualitas memori kurang bagus, terserang virus dan masih banyak lagi. Dan apabila hal seperti ini terjadi pada Anda, maka tidak usah panik sampai mau bunuh diri, hehe karena hal semacam ini sudah wajar dialami oleh pengguna handphone. Akan lebih baik jika Anda mengalami masalah seperti diatas langsung bisa mendeteksi apakah penyebab dari tidak terbacanya memori card di Android.

Dari sekian banyak masalah yang pernah saya alami yang menjadi faktor utama kerusakan sebuah memori card adalah karena seringnya memindah-mindah memori dari satu HP ke HP yang lain. Secara sadar atau tidak dengan seringnya kita memindahkan memori, alhasil kuningan yang terdapat pada moemori lama-kelamaan akan lecet dan akhirnya tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya seperti memori tidak terdeteksi dan tidak terbaca lagi, atau bahkan terbaca tapi tidak dapat digunakan untuk meyimpan dan transfer data.



Meskipun ada kemungkinan memori bisa diperbaiki dan bisa digunakan, namun tidak semua jenis kerusakan dapat diperbaiki 100% dan kembali normal lagi, seperti kartu memori yang pecah, terpotong, terkena air dan terpapar di terik sinar matahari bersuhu tinggi tentu tidak akan bisa diperbaiki lagi, namun kalau hanya masalah internal seperti kerusakan file foto, video, data, file musik, kalau hanya sekedar seperti itu masih ada harapan memori card bisa kembali 100% dengan kemungkinan file didalamnya kadang kala ada yang hilang atau bahkan semua hilang dan bisa juga dibackup/disimpan terlebih dahulu agar tidak hilang/terhapus. Nah berikut beberapa tips dan trik untuk memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca/terdeteksi pada Android Anda. 


Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terdeteksi/Terbaca di HP Android 

Cara 1 : Pastikan Memori yang digunakan sesuai dengan kapasitas Handphone
Untuk mengatisipasi memori card yang tidak bisa terbaca, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kapasitas memori yang dapat diterima oleh si Handphone. Pada umumnya HP Android hanya bisa menampung memori eksternal yang berkapasitas antara 2, 4, 8, 16, hingga 32 GB. Maka Anda harus mengetahui berapa kapasitas yang bisa diterima Android Anda agar memori dapat dibaca oleh si Android.

Cara 2 : Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terbaca dengan Penghapus
Cara pertama yang paling mudah untuk mengatasi kartu memori yang tidak terbaca yaitu dengan cara membersihkan bagian kuningan/tembaga pada memori, ada kemungkinan penyebab memori tidak terdeteksi karena bagian kuningan memori tersebut kotor atau terkena debu. caranya, gunakanlah penghapus pensil untuk membersihkan bagian kuningan pada memori, sesuaikan arah saat membersihkan, setelah itu coba masukan memori tersebut pada Android Anda.

Cara 3 : Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terbaca dengan di Format Lewat Komputer








Cara 4 : Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terbaca/Error dengan Tools Windows


1. Klik kanan pada disk kartu memori Anda, lalu pilih Properties





2. Setelah itu akan tampil gambar properties dari disk memori, silahkan pilih tab Tools, kemudian pilih Check untuk memperbaiki jika ada kerusakan pada kartu memori Anda



3. Setelah itu akan tampil perintah untuk konfirmasi apakah Anda ingin memindai dan memperbaiki kartu memori, pilih Scan And Repair Drive



4. Setelah selesai memperbaiki, silahkan lihat kembali apakah memori telah berhasil diperbaiki dan telah terbaca pada Android.



5. Cara 5 : Mengganti Memori Card dengan Persediaan yang ada
Bilamana kartu memori tersebut dirasa tidak dapat digunakan lagi, Anda dapat menggantinya dengan persediaan yang ada di toko elektronik/gadget atau bahasa kita mengatakan "memori ini minta adek" hehe. Dari pada susah payah untuk memperbaikinya lebih baik Anda membeli memori yang baru dan masalah memori Anda telah terselesaikan. 


Baca Juga :


Demikian tips dari kami mengenai Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terdeteksi/Terbaca di HP Android, silahkan dicoba dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda. ^_^

Post a Comment for "5 Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terdeteksi/Terbaca di HP Android "