Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Sharing Koneksi Internet pada Android ke Komputer/Laptop

Cara Mudah Membagi Koneksi Internet pada Android ke Komputer/Laptop - Berselancar di internet menggunakan Android adalah hal yang mengasikan karena jaringan internet yang sudah 3G yang membuat koneksi internet cepat dan juga navigasinya yang mudah membuat kita betah berjam-jam internetan di Android. Namun, kadang jika menggunakan Android untuk berselancar di internet terasa terbatas jika dibandingkan berselancar menggunakan komputer , seperti papan tombol yang sulit untuk diketik, juga tampilan web yang kadang kurang sesuai, seperti saya ketika ingin menulis sebuah artikel saya lebih memilih menggunakan komputer daripada Android meskipun sebenarnya juga bisa. Nah yang masalahnya jika saya ingin mengkoneksikan komputer ke internet tapi saya tidak memiliki modem internet ?? Maka solusi terbaik adalah menggunakan Android agar bisa berselancar di internet  menggunakan komputer yaitu dengan cara membagi/share koneksi internet yang ada di Android ke komputer / Laptop.

Cara Mudah Membagi Koneksi Internet pada Android ke Komputer/Laptop


Caranya sangat mudah dan lebih praktis jika dibandingkan harus mencolokan modem terlebih dahulu dan mengkoneksikannya ke internet, cukup dengan mengaktifkan paket data internet yang ada di Android yang kemudian kita jadikan Android ini sebagai Wifi yang akan membagikan koneksi internetnya pada perangkat lain yang terhubung menggunakan jaringan Wifi, seperti perangkat Android, komputer, Laptop, dll. Cara seperti ini biasa saya pakai agar tidak perlu ribet memasang modem terlebih dahulu ke komputer.dan juga bisa dipakai untuk berbagi koneksi internet dengan kawan kita yang tidak memiliki koneksi internet pada Androidnya. Namun perlu diketahui ponsel Android yang digunakan untuk membagikan koneksi internetnya akan agak lebih cepat habis baterainya karena pada umumnya Android yang terkoneksi ke internet akan lebih banyak menggunakan daya baterai, kecuali jika Android hanya digunakan sebagai Wifi saja dan tidak dioperasikan akan membuat baterai Android tidak cepat habis. Nah langsung saja berikut Cara Share Koneksi Internet pada Android ke Komputer atau Laptop.

Cara Mudah Membagi Koneksi Internet pada Android ke Komputer/Laptop

Berikut adalah contoh dari praktek saya untuk sharing koneksi internet pada Android yang saya operasikan pada HP Android Xiaomi Redmi 2, dan mungkin akan berbeda tampilan dan menu pada HP Android dengan type yang berbeda, namun pada dasarnya semua pengaturan pada Android hampir sama.

Cara 1 : menggunakan fasilitas bawaan dari masing-masing Android yang terletak pada pengaturan, kita harus melakukan setting secara manual untuk dapat membagi koneksi internet Android.

1. Masuk menu Pengaturan atau Setting

Cara Mudah Membagi Koneksi Internet pada Android ke Komputer/Laptop

2. Setelah itu masuk pada menu yang berhubungan dengan koneksi Wi-fi, Untuk Hp Android saya Android Xiaomi Redmi 2 , pilih menu More...

Cara Mudah Membagi Koneksi Internet pada Android ke Komputer/Laptop

3. Lalu pilih menu Tethering, tethering inilah fasilitas bawaan Android yang dapat digunakan untuk membagikan koneksi internet.

4.Lalu kita lakukan pengaturan terlebih dahulu pada Wifi yang akan kita buat nanti, silahkan pilih Setup Wifi Hotspot


5. Lalu setting Wifi Hotspot sesuai keinginan, Network SSID merupakan nama dari Wifi Hotspot yang akan tampil, Security silahkan pilih WPA2 PSK, dan Untuk Password bisa sesuai keinginan dan minimal 8 karakter. Setelah selesai klik OK



6. Kemudian kita aktifkan Wifi Hotspot yang telah kita buat tadi, klik pada Portable Wifi Hotspot untuk mengaktifkan.


7.  Nah sekarang coba lihat apakah Wifi Hotspot yang telah kita buat tadi berhasil, check dengan menggunakan jaringan wifi pada perangkat lain, seperti Android, komputer, laptop dll. Jika berhasil maka perangkat lain tersebut akan dapat mengakses internet.
8. Selesai


Catatan :
#. Hal yang sering terjadi adalah kelupaan mengaktifkan paket data internet pada Android yang akan dijadikan Wifi, alhasil Wifi Hotspot berhasil tampil dan bisa terkoneksi namun perangkat lain yang terkoneksi tidak bisa mengakses internet.

Baca Juga :

Demikian ulasan kami mengenai Cara Mudah Membagi Koneksi Internet pada Android ke Komputer/Laptop, silahkan dicoba dan  semoga bermanfaat ^_^.

Post a Comment for "Cara Mudah Sharing Koneksi Internet pada Android ke Komputer/Laptop"