Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Terbaru Decompile dan Recompile File APK Menggunakan PortalAPK


Cara mudah terbaru decompile dan recompile file apk menggunakan PortalAPK - Sebenarnya yang sudah membagikan cara decompile dan recompile file apk sudah banyak di Google. Namun cara yang banyak dibagikan merupakan cara lama yang masih banyak konfigurasi yang harus di lakukan, dengan kata lain anda harus melakukan pengaturan ini itu. Nah, pada kesempatan ini saya akan membagikan cara terbaru untuk membongkar file apk yang akan dimodifikasi. Para mastah Android biasa menyingkatnya dengan sebutan dc rc (recompile dan decompile). Dan tentunya anda semua pasti sudah pada tahu bukan apa manfaat dari dc rc file apk?.

Baiklah, tutorial dc rc yang akan saya bagikan kali ini akan di lakukan menggunakan PC. Walaupun dc rc bisa dilakukan langsung dari smartphone tetapi menurut pengalaman saya pribadi banyak file apk yang tidak bisa di decompile menggunakan aplikasi ApkTol pada smartphone. Karena memang aplikasi ApkTol pada smartphone mempunyai fitur yang terbatas. Untuk cara mudah terbaru decompile dan recompile via PC kita akan memanfaatkan software PortalAPK buatan asli orang Indo yaitu Mas Trangga Ken.

Sebenarnya software PortalAPK ini di buat khusus untuk membuat MOD BBM (Blackberry Messenger). Namun juga memiliki fitur untuk membongkar file apk yang sangat mudah, sederhana dan cepat. Untuk tutorial cara membuat MOD BBM menggunakan PortalAPK akan saya bahas pada postingan selanjutnya. Dibawah ini merupakan langkah-langkah mudah membongkar file apk via pc menggunakan PortalAPK.

Cara Decompile File APK Menggunakan PortalAPK :

1. Langkah pertama silahkan anda unduh terlebih dahulu software PortalAPK Beta v4 terbaru melalui link ini.
2. Setelah terunduh silahkan pindahkan file PortalAPK dalam satu folder agar lebih mudah. Jika sudah silahkan anda double klik file tersebut untuk meng-extract nya.
3. Selanjutnya silahkan anda masukan file apk yang akan anda decompile pada satu folder tersebut. Pada contoh kali ini saya akan men-decompile file apk BBM.
 
 
 4. Buka file Portable_APKTool. Maka akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini.
 
 

 5. Selanjutnya silahkan pilih "Open" untuk memsaukan file apk yang akan di decompile.


 
 
6. Selanjutnya langsung saja pilih "Decompile" untuk memulai proses decompile. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai. 
7. Jika proses decompile sudah selesai, maka akan muncul folder baru yang namanya di akhiri dengan _src.
 
 
 
 
Sampai disini anda sudah berhasil decompile file apk, anda bisa melakukan modifikasi pada folder hasil decompile tersebut yang berakhiran _src. Setelah anda selesai memodifikasi, silahkan ikuti langkah selanjutnya untuk me-recompile dan sign file apk tersebut.

Cara Recompile File APK Menggunakan PortalAPK :

1. Silahkan anda masuk lagi ke program PortalAPK kemudian pilih menu "Folder Path" untuk memsaukan folder hasil decompile tadi.
 
 
 
 2. Jika foldernya sudah dimasukan, silahkan pilih "Compile + Sign". Silahkan beri nama pada aplikasi hasil modifikasi anda tersebut kemudian pilih "Save" untuk memulai proses recompile. Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai.
 

 


3. Jika sudah selesai, maka akan keluar file apk baru dengan nama yang anda buat tadi. 
 
 

 
Sampai disini anda sudah berhasil melakukan decompile, recompile serta sign file apk. Anda dapat langsung memindahkan file apk hasil modifikasi tersebut ke smartphone anda untuk di install. 
Nah, begitulah ulasan cara terbaru decompile dan recompile file apk menggunakan PortalAPK. Jika anda masih kurang paham dengan tutorial di atas, anda bisa menanyakannya pada forum komentar yang ada di bawah atau melalui halaman kontak blog ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
 
 
 
 
 


Post a Comment for "Cara Terbaru Decompile dan Recompile File APK Menggunakan PortalAPK"