Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengembalikan File Data yang Terhapus di Kartu Memori Android

Cara Mudah Recovery Data Di Semua Ponsel Android Anda

Android Apps || Hai sobat semua, jika sobat termasuk pengguna android yang secara kebetulan menyimpan file atau data di Android, yang kemudian datanya hilang entah kemana, maka sudah sewajarnya jika kita mencari berbagai cara dan solusi agar data kita yang hilang bisa kembali lagi, terlebih jika data tersebut penting dan hanya disimpan di ponsel android, belum sempat disalin ke komputer seperti foto yang diabadikan menggunakan foto camera, dan lain sebagainya. jika seperti itu hanya dengan mendownload berbagai aplikasi yang free dan  menyediakan fasilitas recovery data untuk android itu mungkin sudah cukup, namun akan beda lagi ceritanya jika kita diharuskan memformat seluruh memory dari android kita terlebih tanpa sempat kita melakukan back up data terlebih dahulu. tentunya hal ini akan sangat menyesalkan bagi kita.


Untuk mengembalikan data yang hilang dari sebuah perangkat Android setelah terformat, maka cara yang mudah adalah dengan menggunakan program untuk mengembalikan data. Tools ini biasanya ada di komputer desktop dan banyak digunakan. Program seperti Get Data Back, Data Recovery, Pandora Recovery, Test Disk, Foremost, R-Studio, Recuva, dan masih banyak lagi aplikasi lain yang serupa. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa dijamin dan diandalkan untuk merecover atau mengembalikan data kita yang terdapat di android yang telah terformat tanpa kita sempat mem backup data kita. Memang tidak semua file data bisa kembali sepenuhnya, tapi banyak data kita yang benar-benar kembali dengan utuh tanpa cacat. saya sudah pernah mencobanya di ponsel android teman saya dan alhamdullilah datanya dari sd card banyak yang kembali yaitu foto-foto, video lain-lain.

Untuk mengembalikan data yang terformat pada memori internal sebenarnya masih bisa menggunakan program-program tersebut. Sayangnya, program tersebut kurang maksimal untuk pemulihan data di Android. Untuk memulihkan data atau Restore data di Android, sebaiknya gunakan program yang bernama Android Data Recovery. Program yang satu ini memiliki kelebihan dalam mengembalikan data yang terformat di Android. Tetapi penggunaan program ini pun sama seperti program lainnya, yakni harus diinstal di komputer desktop. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua jenis smartphone android seperti Samsung Galaxy S, Ace, Young, dll , Xperia X Z dll,Xiaomi Redmi 1 2, Lenovo, MITO dll.  

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Restore Data

Untuk melakukan Restore data di Android menggunakan Android Data Recovery, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan hal-hal berikut ini. Hal-hal berikut ini cukup penting untuk diperhatikan oleh Anda dalam langka proses Restore data dengan menggunakan Android Data Recovery. Apa saja hal-hal yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

1. Proses pencarian data sebaiknya harus disegerakan setelah data tersebut terhapus atau terformat.
2.Untuk memaksimalkan pemulihan atau Restore, sebaiknya jangan menyimpan data baru. Proses penyimpanan data baru bisa saja menimpa data yang terhapus tersebut.
3. Jangan ada data dengan nama yang sama dengan nama data yang dihapus
4. Proses Restoring data menggunakan Android Data Recovery pada umumnya bisa mengembalikan data secara normal. Bahkan banyak data yang kembali dengan utuh dari kerusakan sebelum terhapus tetapi kemungkinan potensi data tidak bisa diselamatkan pun masih terbuka.


Cara Restore Data Di Ponsel Android dengan Android Data Recovery

Setelah memperhatikan beberapa hal diatas maka sekarang Anda bisa memulai dengan mendownload aplikasi tools Android Data Recovery. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di situs androiddata-recovery.com . Namun jika anda memiliki dana lebih, alangkah baiknya jika anda mencoba untuk menggunakan program Android Data Recovery dengan versi berbayar. 

Nah setelah anda mendownloadnya, perhatikan langkah selanjutnya :

1. Anda bisa langsung menginstal program Android Data Recovery di komputer.

2. Hubungkan perangkat Android yang Anda miliki dengan komputer yang sudah terinstal Android Data Recovery. Cara menghubungkannya, Anda cukup menggunakan kabel USB.

3. Setelah terhubung, bukalah program Android Data Recovery dan lakukan pemindaian atau Scaning pada perangkat Android

4. Setelah proses pemindaian selesai, selanjutnya lakukan Recovery pada tampilan bentuk data yang sudah terpindai. Anda bisa melakukan Recovery data dengan cara mengklik data tersebut.

5.Setelah proses klik Recovery, maka data hilang Anda kini sudah kembali. Data tersebut kemungkinan besar cenderung tidak kehilangan kualitasnya.

6.Setelah dilakukan Recovery, maka data yang sudah Restore, sebaiknya disimpan pada folder tertentu di perangkat Android milik Anda.

Post a Comment for "Cara Mudah Mengembalikan File Data yang Terhapus di Kartu Memori Android"